its me..

its me..

Senin, 18 Oktober 2010

"ibu...., apa hari ini ada dongeng lagi?"


Pagi ini, di kelas...
muridku bertanya.... "ibu, hari ini bu muti dongeng lagi ga?"
pertanyaannya sederhana....
tak ada yang spesial...
namun ada sesuatu yang membuat pertanyaan itu begitu istimewa....

tiga hari yang lalu adalah hari pertamaku praktek mengajar di sekolah dasar..
hari itu aku mengajar MATEMATIKA...
tiga hari sebelumnya aku menjalani observasi...
setiap harinya menegaskan bahwa klasini adalah kelas luar biasa yang haus di tangani dengan kesabaran ekstra....
lebih mirip dengan anak kelompok bermain yang tak bisa diam..

saat aku memilih matematika sebagai mata pelajaran yang aku cobakan, hanya dongeng yang ada di kepalaku... itu saja...
aku memulai penjelasanku hari itu tentang pengurangan menggunakan dongeng... dengan media boneka tangan aku bercerita tentang beruang yang terburu2... ku sisipkan konsep matematika pengurangan di dalamnya.....
dan ternyata....

kemana anak-anak yang tidak bisa diam itu???
mana suara bising itu???
yang ada hanya 24 anak kecil yang duduk rapi memperhatikanku dan terhanyut dalam dongeng itu...
interaksi mereka baik.. bahkan sangan baik...
aku berhasil mengendalikan kelas ini hanya dengan dongeng sederhana....

hari petamaku sukses karena dongeng, sederhananya begitu..
tak kusangka dongeng itu benar2 melekat pada murid2ku....
dan hari ini mereka melihatku sambil bertanya "ibu... apa hari ini ada dongeng lagi?"

2 komentar:

  1. itu kelas brp bu guru?
    kira2 maksimal s/d kelas berapa, dongeng itu efektif?

    BalasHapus
  2. itu kelas 1 om mandronk... maksimal sampai kelas 3 SD dongeng masih bisa efektif di gunakan sebagai metode mengajar di sekolah..

    Ayo mendongeng!!!!

    BalasHapus